07
Sep
09

TARAWIH 2 WAKTU

Ini ide lama.  Tapi saya tidak berani mengusulkan kepada pengurus mesjid terdekat, khawatir dianggap kontroversial.  Entahlah, apakah ada mesjid lain yang sudah menjalankan ide ini.  Idenya adalah, di mesjid, tarawih dilakukan 2 waktu, tentu saja dengan peserta yang berbeda.

Gelombang pertama dilakukan seperti pada kebanyakan orang melakukan pada saat ini, yaitu Isya berjamaah, diselingi ceramah, lalu tarawih.  Pesertanya adalah orang umum, termasuk anak-anak.  Bacaannya suratnya ringan agar peserta bisa menikmatinya.  Pokoknya, seperti yang berjalan pada kebanyakan mesjid saat ini.  Justru yang membedakan adalah tarawih gelombang kedua.

  Gelombang kedua dilakukan pada sekitar pukul 22.00.  Ini disediakan untuk:

  1. Orang yang merasa terganggu jika sholat dengan anak-anak karena berisiknya, tetapi menanggap tidak bijak untuk melarang anak-anak untuk tarawih di masjid.  Biar bagaimanapun, anak-anak perlu dibiasakan untuk berjamaah di mesjid dan kita perlu memahami dunia anak-anak yang memang masih senang bermain.  Tinggal kita saja yang mengalah untuk shalat tarawih di lain waktu.
  2. Orang yang ingin sholat tarawih di belakan imam yang hafal alquran sehingga bacaan suratnya bisa panjang (mungkin bisa 1 juz dalam semalam).  Kondisi ini memang lebih tepat untuk peserta bukan anak-anak dan bukan orang usia lanjut.
  3. Orang yang berpendapat bahwa sholat tarawih adalah sebenarnya sholat tahajud (qiyamul lail) yang dilakukan pada malam Bulan Ramadhan.  Padahal qiyamul lail itu diperintahkan oleh Allah dilakukan pada 1/3 malam, ½ malam, atau 2/3 malam (Alquran surat Almuzzammil).  Artinya, shalat qiyamullail paling awal dilakukan pada 1/3 malam yang saat itu kira-kira jatuh pada pukul 22.00

Bisakah direalisasikan?


3 Responses to “TARAWIH 2 WAKTU”


  1. 1 ansorrullah
    10-April-2010 pukul 12:35 pm

    ass…untuk mengomentari shalat tarawih 2 waktu itu melihat kepada apa….

  2. 20-April-2010 pukul 6:37 am

    ini hanya pandangan saya aja. dengan pertimbangan 3 hal tersebut

  3. 4-Januari-2011 pukul 7:52 am

    wah..ide kreatif..:)
    boleh bgtu ya pak kurnia..?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: