27
Sep
07

Nothing is impossible

Apa sih terjemahan nothing is impossible ke dalam Bahasa Indonesia?  Kawan saya sih bilang, “terjemahan bebasnya adalah ‘tidak ada yang tidak mungkin’.”  Betul ya?  Kita anggap saja betul.

Betul terjemahannya.  Kalau maknanya? Mungkin betul untuk kita manusia secara umum agar motivasi kita tetap dalam posisi puncak dalam menghadapi setiap tantangan hidup.  Tapi untuk seorang matematikawan?  Sepertinya sih salah ya.

Di dalam matematika ada sesuatu yang tidak mungkin terjadi.  Dalam teori peluang, kejadian ini dinamakan mempunyai peluang sebesar 0 (nol) atau p(A) = 0.  Contoh gampangnya adalah kalau kita buat dadu (kubus bersisi 6) dan setiap sisinya kita beri angka 1 s.d 6.  Kalau kita lempar dadu tersebut, peluang keluar angka 5 adalah 1/6 (seperenam) atau dilambangkan dengan p(5) = 1/6.  Anda menginginkan keluar angka 8? Ini tidak mungkin terjadi.  Sebesar apapun semangat anda dan sehebat apapun kesabaran Anda dalam menunggu keluarnya angka 8, tidak akan keluar angka 8.  Dalam bahasa matematika, peluang keluarnya angka 8 adalah nol atau p(8) = 0.  Jadi, tetap saja ada yang tidak mungkin terjadi.


2 Responses to “Nothing is impossible”


  1. 24-Juni-2008 pukul 10:51 pm

    mungkin dalam kehidupan nyata, kita sering di benturkan antara teori ilmu pasti yg susah di terapkan di persoalan sehari-hari, karena hidup terkadang bukan 1+1 = 2 atau 3×4 = 12 terkadang 3×4 = Rp. 1500,- .salam ukhuwah. moga kita tetap selalu bisa berbagi

    • 2 Dhanu
      6-Juli-2015 pukul 10:41 am

      Tidak ada yang tidak mungkin. Itu berarti semua hal menjadi mungkin. Itu juga berarti bahwa tidak mungkin menjadi mungkin terjadi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: