25
Sep
07

Persamaan garis lurus di Quran

Masih ingat pelajaran Matematika di SMP atau SMA?  Tidak perlu saya jelaskan lagi bahwa dengan informasi dari 2 titik koordinat bisa ditemukan sebuah persamaan garis lurus.  Kalau hanya diketahui 1 titik koordinat, tidak mungkin bisa ditemukan persamaan garis lurus. 

Nah, ketika meyakinkan kepada kaum Mukminin bahwa mereka bisa mengalahkan musuh yang jauh lebih banyak, di Q.S 8:65, Allah menjelaskan :

  1. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh
  2. Dan jika ada seratus orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir

Titik koordinat pertama ada di A(20,200).  Titik koordinat kedua ada di B(100,1000).  Dengan penyelesaian yang sederhana didapatkan bahwa garis lurus yang melewati kedua titik tersebut mempunyai persamaan y=10x.  Dengan demikian, bisa dijelaskan bahwa kalau ada x orang mukmin yang sabar, mereka itu bisa mengalahkan 10x orang musuh (kafir).

Selanjutnya, pada Q.S.8:66, Allah menjelaskan bahwa ada kelemahan di kalangan kaum mukminin, sehingga

  1. jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir
  2. dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang

Kali ini titik koordinat pertama adalah C(100,200) dan titik koordinat kedua adalah D(1000,2000).  Dengan penjelasan yang sama dengan persamaan pertama, didapatkan persamaan kedua ini adalah y=2x. Karena ada kelemahan di kalangan kaum mukminin, Allah hanya menjanjikan x orang beriman dapat mengalahkan 2x orang kafir.

Dengan mengacu kepada bentuk umum y=a+bx, bisa diketahui bahwa y=10x dan y=2x mempunyai nilai a=0.  Itu artinya, garis tersebut melewati titik asal (0,0).  Kalau tidak ada orang mukmin yang sabar (x=0), tidak ada pula musuh yang bisa dikalahkan (y=0) atau dengan kata lain, tidak mungkin orang kafir kalah begitu saja, jika tidak ada orang mukmin yang melawannya.  Hanya saja, saya tidak tahu pasti apakah persamaan itu juga berlaku untuk x yang bernilai negatif (x<0)?  Kalau berlaku, bagaimana penjelasannya?  Boleh dikomentari.


3 Responses to “Persamaan garis lurus di Quran”


  1. 1 rohmah
    7-Agustus-2008 pukul 11:14 am

    menurut saya persamaan ini berlaku.Penjelasannya:
    jika x>0 adalah jumlah orang mukmin yang sabar maka x<0 adalah jumlah orang mukmin yang tidak sabar sehingga jika nilai x negatif atau x<0 maka nilai y juga akan negatif. artinya apabila terdapat sekian orang mukmin yang tidak sabar melawan orang kafir maka akan terdapat pula sekian orang kafir yang tidak dapat dikalahkan dalam jumlah yang lebih besar secara kuantitatif.dikatakan secara kuantitatif karena misalkan harga x=-10 dengan menggunakan persamaan y=10x akan diperoleh harga y=-100 maksudnya adalah nilai -10 memang lebih besar dibanding -100, tetapi tanda negatif pada nilai ini bermakna bahwa orang kafir tidak dapat dikalahkan, jadi nilai -100 artinya ada 100 orang kafir yang tidak dapat dikalahkan oleh 10 orang mukmin yang tidak sabar karena tanda negatif pada nilai -10 bermakna bahwa ada 10 orang mukmin yang tidak sabar.

  2. 26-Agustus-2008 pukul 4:27 pm

    @rohmah
    makasih udah nambahin

  3. 30-Agustus-2014 pukul 10:52 pm

    get best info see it here around


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: