22
Sep
07

SABAR

“Sabar ada batasnya!!!”, teriak seorang istri kepada suaminya karena sang suami sering melakukan KDRT (duh, singkatan apalagi ini: Kekerasan Dalam Rumah Tangga). Itu sih salah satu potongan adegan di salah satu sinetron.

Ini mau membahas apa sih? Singkatan dalam Bahasa Indonesia yang semakin banyak dan tidak karuan atau sinetron yang semakin banyak tapi semakin tidak bermutu? Bukan mengenai keduanya, melainkan mengenai sabar, karena saya tidak setuju dengan pernyataan “sabar ada batasnya”. Pernyataan itu bisa muncul karena ada persepsi yang salah tentang sabar. Banyak di antara kita yang mengartikan sabar sebagai nrimo secara pasif. Artinya, apapun yang dihadapi tetap diterima tanpa ada perlawanan (biasanya karena tidak ada kekuatan untuk melawan) dan tanpa ada usaha lainnya walaupun yang diterimanya sangat menyakitkan. Pada saat sakitnya tidak bisa lagi ditahan, barulah ia melawan dengan membabi buta sambil berteriak “sabar ada batasnya”.

Sebenarnya sabar itu tidak ada batasnya. Allah menyayangi orang-orang yang sabar (Q.S. 2:153). Kalau kesabaran kita ada batasnya, sama saja kita mau kasih sayang Allah juga ada batasnya. Padahal kita mau terus disayang Allah tanpa batas waktu dan itu bisa terjadi kalau sabar kita juga tidak ada batasnya.

Sabar yang tanpa batas bisa kita pelajari dari sifat air. Dengan menjalankan perintah Allah agar mencari tempat terendah di bumi ini, air dengan sabar melakukannya. Jika ada penghalang, dengan sabar ia terus mencari celah-celah agar perintah Rabb nya tetap dijalankan. Begitu ada celah sedikit saja, ia akan lewati. Begitulah kesabaran yang perlu kita contoh: nrimo aktif.


1 Response to “SABAR”


  1. 17-November-2007 pukul 8:47 pm

    pengen jadi orang yang sabar, gimana??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: