22
Sep
07

Ramadhan

Saya gemar membaca tulisan Putu Setia, salah seorang redaktur senior KORAN TEMPO. Dia kerap menulis di kolom cari angin, di hari ahad. Dari namanya kita bisa tebak dia berasal dari Bali. Dan dari beberapa tulisannya saya juga bisa tahu kalau dia nonmuslim (Hindu? Benarkah Pak Putu?) Tapi dari banyak tulisan seorang nonmuslim itu, saya menilai banyak pemikiran yang seharusnya dimiliki oleh seorang muslim. Tulisannya yang terakhir mengenai bulan Ramadhan (KORAN TEMPO, Ahad, 16 September 2007) membuktikan hal tersebut. Saya kutip saja beberapa kalimatnya.

Tempat hiburan malam, apalagi yang mengumbar kemaksiatan, harus tetap dilarang, meskipun bulan Syawal telah menggantikan Ramadan. Penjualan minuman keras harus tetap dibatasi dengan pembeli yang juga ketat diawasi, karena begitulah peraturannya, tak ada kaitan dengan Ramadan atau tidak.

Pejabat dan aparat di Indonesia yang mayoritas muslim, ditambah dengan para ulama seyogyanya memiliki pemikiran seperti itu. Setahu saya, perubahan hukum dalam Islam dari bukan Ramadhan ke Ramadhan hanyalah berlaku pada makan, minum, dan hubungan suami-istri. Ketiganya halal di luar Ramadhan tetapi menjadi haram di Ramadhan. Itupun hanya berlaku dari saat adzan subuh hingga adzan maghrib. Selain ketiga perkara tersebut, hukumnya tetap: sesuatu yang halal tetap halal dan yang haram tetap haram. Nah, yang bikin saya bingung, tempat hiburan malam itu halal atau haram sih? Kalau itu halal, biarkan dia tetap beroperasi di bulan Ramadhan. Tapi kalau itu haram, tutup juga dong di luar Ramadhan


1 Response to “Ramadhan”


  1. 22-September-2007 pukul 10:08 am

    Memang banyak sekali kerancuan berpikir seperti itu.
    Saya juga turut prihatin, mudah2an blog ini turut memberi pencerahan

    salam
    sumeleh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: