21
Sep
07

dirgahayu

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, masih ingatkah bahwa kota tempat tinggal Anda itu berulang tahun setiap tanggal 22 Juni?

Tidak usah khawatir. Kalau Anda lupa, sepertinya sudah ada beberapa spanduk yang mengingatkan bahwa ulang tahun Jakarta tinggal beberapa hari lagi. Di jalan tol yang saya lewati tadi pagi (20-06-2007)  sudah ada beberapa spanduk yang dipasang oleh pengelola jalan tol: “Dirgahayu Kota Jakarta ke-480”. Waduh!!!

Saya lihat di kamus, dirgahayu itu berarti “panjang umur” dan biasa disampaikan untuk negara atau organisasi. Jadi, kata-kata di spanduk itu bisa berarti “Panjang Umur Kota Jakarta ke-480”. Nah loh?

Saya sudah sering membaca tulisan yang mengkritik penulisan yang salah ini, sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Tapi, sampai sekarang, masih banyak masyarakat yang salah juga. Tanya kenapa? (kok “kenapa”? Bukannya “mengapa”?. Lain kali kita bicarakan soal ini). Sampai-sampai, situs kota Jakarta (http://www.beritajakarta.com) masih menampilkan “Dirgahayu Kota Jakarta ke-480”

Nah, buat Anda yang sering menjadi panitia HUT RI di bulan Agustus, ingat ya, kalau bikin spanduk menggunakan kata “dirgahayu”, tulislah ‘DIRGAHAYU RI”. Tapi, kalau mau pakai angka tulislah “Selamat HUT ke-62 RI” (kok bukannya “Selamat HUT RI ke-62”?. Anda bisa cari sendiri jawabannya.)


0 Responses to “dirgahayu”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: